Manfaat dan khasiat Daun Sirih (Piperbetie L)

Kandungan Daun Sirih
Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan chavicol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan.
Pada jaman Nenek kita, daun sirih dipakai untuk nginang (dikunyah), yaitu dicampur kapur dan buah pinang dan ternyata orang yang suka nginang tidak pernah sariawan , sakit gigi dan tidak pernah mimisan (hidung berdarah).
Manfaat dan khasiat lain dari daun sirih adalah menurunkan glukosa darah. Dalam buku “A Review of Natural Product and Plants as Potensial Antidiabetic,” Daun Sirih memiliki senyawa aktif alkaloid teh sirih dan flavonoid teh merah yang dapat menurunkan kadar glukosa darah.

  • Batuk; Rebus sebanyak 15 lembar daun sirih dengan tiga gelas air hingga tersisa 3/4-nya, minum ramuan tersebut dicampur dengan madu.Atau dengan cara lain; Daun sirih 5 lembar, Cengkeh, kapulaga, kemukus, masing-masing 11 biji, Kayumanis 1 jari tangan, Cara membuat: Semua bahan setelah dicuci direbus dengan air sebanyak 2 gelas hingga airnya tinggal 1 ½ gelas Angkat dan saring, Aturan minum : Umur 1 s.d. 3 tahun 3 kali sehari 1 sendok makan; Umur 4 s.d. 5 tahun 3 kali sehari 3 sendok makan; Umur 6 s.d. 11 tahun 3 kali sehari 5 sendok makan; Dewasa 3 kali sehari 
  • Bau mulut dan kerusakan gigi; Satu lembar daun sirih, kemudian cuci bersih dan kunyah daun tersebut. Kunyah hingga beberapa menit dalam mulut, lalu diludahkan. Lakukan 2-3 kali sehari. Atau dengan cara lain; rebus 5-6 lembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai mendidih. Dinginkan dan saring dan setelah itu untuk kumur-kumur setiap pagi dan sore.
  • Bronchitis ; 7 lembar daun sirih dan gula batu secukupnya, lalu rebus dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas, kemudian minum sehari 3 X 1/3 gelas.
  • Pembengkakan gusi/mulut; 5 - 6 lembar daun sirih, rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Angkat dan saring, garam. Lalu gunakan kumur-kumur 3 kali sehari.
  • Menghilangkan bau badan;  5 lembar daun sirih, rebus dengan dua gelas air hingga menjadi satu gelas, minum siang hari.
  • Pendarahan gigi geraham setelah cabut gigi; 10 lembar daun sirih, cuci dan rebus dengan air sebanyak 5 gelas sampai mendidih. Angkat dan saring. Selanjutnya kumur dengan ramuan tersebut setiap 1 jam satu kali. Ramuan ini juga dapat menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh kerusakan gigi.
  • Luka Bakar; Daun sirih secukupnya yang masih segar, lalu peras airnya, tambahkan sedikit madu, dan bubuhkan di tempat yang luka bakar
  • Obat jerawat; 7-10 lembar daun sirih, lalu tumbuk sampai halus, seduh dengan dua gelas air panas. Airnya dipakai untuk mencuci muka yang berjerawat. Lakukan 2-3 kali sehari.
  • Keputihan dan gatal-gatal pada vagina; Rebus 10 lembar daun sirih dengan 2,5 liter air, gunakan air tersebut untuk mencuci vagina saat kondisi air masih hangat. Sedangkan untuk ramuan diminum, biasanya dikombinasikan dengan kumis kucing, kunyit, tapak liman atau sambiloto.
  • Mengurangi produksi ASI berlebihan; beberapa lembar daun sirih, olesi dengan minyak kelapa, hangatkan di atas api hingga menjadi layu, hangat-hangat tempelkan di seputar payudara yang bengkak.
  • Kaki bengkak; Daun sirih 2 helai; Cabai jawa 3 buah; Lempuyang emprit 1 rimpang; Beras sedikit; Air sedikit; Arak secukupnya, Ramuan dihaluskan dengan bantuan sedikit air; kemudian ditambah arak secukupnya, Digosokkan pada kaki yang bengkak sebelum tidur.
  • Keputihan; Daun sirih 2 helai; Daun Jambu biji 5 helai; Air 210 ml, Dibuat infus, Dicebokkan 2 kali sehari.
  • Malaria; Daun sirih segar 20 helai; Daun sembung 20 helai; Daun asam 1 genggam; Daun beluntas 20 helai; Kulit kayu pulai 3 jari tangan; Air 2 panci, Dididihkan, Uapnya digunakan untuk mandi ukub(mandi uap).
  • Nyeri sendi; Buah sirih 5 butir; Lempuyang emprit 1 rimpang; Ragi secukupnya, Dihaluskan ditambahan arak, Digosokkan pada tempat yang nyeri.
  • Pendarahan hidung(mimisan); Daun sirih, Diremas dan digulung, Dimasukkan ke dalam hidung.
  • Radang mulut; Daun sirih 2 helai; Air 110 ml, Dibuat infus, Untuk berkumur 2 kali sehari; tiap kali pakai 100 ml.
  •  
    Suara parau dan Batuk; Daun sirih 2 g; Buah kapulaga 1 g; air 110 ml, Dibuat infus atau diseduh, Diminum 1 kali sehari 100 ml.


Related Post:

Mau berbagi pengalaman tentang Buah Sehat Daun Sehat ...

Tidak ada komentar: