Buah - Ikan - Minuman yang berkhasiat

"Biarlah makanan menjadi obatmu". Kata-kata tabib Yunani kuno bernama Hippocrates itu begitu populer di dunia kedokteran. Pesan itulah yang kemudian mendorong para ilmuwan mencari tahu manfaat makanan bagi kesehatan tubuh.

Selama bertahun-tahun, para ahli gizi melakukan penelitian untuk mengidentifikasi manfaat nutrisi dari makanan tertentu. Mereka mempelajari protein, karbohidrat, kalori, lemak, mineral dan vitamin untuk menentukan manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.

Berikut sejumlah Minuman, Buah dan sayuran yang memberi banyak manfaat untuk tubuh, seperti dikutip laman Methods of Healing.

Madu

Penelitian menunjukkan bahwa madu mengandung antibakteri dan antivirus. Studi lebih dalam menyebut madu bermanfaat untuk menyembuhkan luka dan baik untuk kesehatan pencernaan.




Green Tea

Penelitian menunjukkan, teh hijau membantu mengurangi risiko kanker, stroke, dan penyakit jantung. Teh hijau juga diyakini membantu mencegah penyakit diabetes tipe dua dan osteoporosis, serta meredakan radang usus.
Selengkapnya


Susu Kedelai
Kedelai memiliki nilai gizi yang sangat baik dan memiliki cukup banyak vitamin dan mineral. Kadar protein kedelai cukup tinggi, yaitu mencapai 35,6 % (berat kering), bahkan pada varitas unggul kadar proteinnya dapat mencapai 40 % – 43 %.

Minuman Sinom

Kandungan Kimia

Buah polong asam jawa mengandung senyawa kimia antara lain asam appel, asam sitrat, asam anggur, asam tartrat, asam suksinat, pectin dan gula invert. Kulit bijinya mengandung phlobatannin dan bijinya ...

Beras Kencur
Ditilik dari namanya “Beras Kencur” adalah campuran antara Beras dan Kencur ditambah jahe,biji kapulogo,buah asam, kunci,kayu keningar,kunir,jeruk nipis,dan buah pala dan gula merah.

Beras kencur merupakan minuman khas dari Indonesia dan bahkan satu-satunya di dunia yang sering dikonsumsi sebagai minuman ...

Selengkapnya

Yogurt
Yang terbaik adalah yogurt polos. Kandungan kalsium, magnesium, Vitamin B-2 & B-12, dan probiotik yang dikenal sebagai bakteri baik dalam usus, bermanfaat menyehatkan sistem pencernaan serta kekebalan tubuh. Konsumsi yogurt secara teratur juga diyakini membantu menurunkan kolesterol.


Cokelat hitam
Jenis cokelat ini menawarkan manfaat baik bagi sistem kardiovaskular serta perlindungan dari kanker. Tak hanya itu, mengonsumsi cokelat hitam juga bisa membangkitkan suasana hati yang baik untuk kesehatan emosional dan mental.


Kacang Hijau

Kandungan Gizi Pada Kacang Hijau
Kandungan yang ada pada Kacang Hijau per 100 gram antara lain :
Energi 1.452 kJ (347 kcal)
Karbohidrat 62,62 g
Gula 6,60 g

Selengkapnya

Kenari

Makan 1,5 ons kenari setiap hari bisa menjadi makanan diet rendah lemak jenuh dan kolesterol yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner.



Blueberry
Adalah salah satu buah dengan tingkat antioksidan tinggi. Kandungan zat di dalamnya membantu memperlambat penuaan, mengurangi risiko diabetes, menurunkan kolesterol, meningkatkan ...


Delima
Sebagai buah kaya antioksidan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa delima membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah. Bahkan, membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko kanker tertentu.


Apel

Apel banyak mengandung Vitamin B dan C, mineral: Kalsium, fosfor, zat besi dan klorin.
Khasiat buah apel:
  • Mengurangi konstipasi atau sembelit, memperbaiki pencernaan
  • Mengurangi batu empedu dan artitis (radang sendi)

Alpukat
Alpukat kaya akan vitamin B, C dan E juga mineral: kalsium, fosfor juga zat besi. Lemak juga kaya akan lemak yang bermanfaat untuk sistem kardiovaskuler.



Pisang
Pisang kaya akan vitamin B dan C, juga mineral seperti kalsium, sodium, magnesium dan potassium.
Khasiat buah pisang:
  • Baik untuk anak/dewasa yang bermasalah dengan nafsu makan dan ...
Tomat

Buah tomat banyak mengandung vitamin A, B1 dan C.

Khasiat Tomat :

  • Dapat membantu membersihkan hati dan darah kita.
  • Dapat mencegah beragam penyakit dan gangguan kesehatan ....

Selengkapnya

Pepaya

Pepaya banyak mengandung vitamin C dan provitamin A.
Khasiat Pepaya :

  • Dapat membantu memecah serat makanan dalam sistem pencernaan.
  • Dapat mebuat lancar saluran pencernaan ....

Mangga

Mangga banyak mengandung vitamin A, E dan C.
Khasiat Mangga :

  • Dapat bertindak sebagai disinfektan.
  • Dapat membersihkan darah.
  • Dapat menanggulangi beragam gangguan kesehatan lain seperti :

Selengkapnya


Strawberry

Stoberi banyak mengandung provitamin A, vitamin B1, B dan C.
Khasiat Stoberi :

  • Stobery mengandung antioksidan untuk melawan zat radikal bebas.
  • Strawbery memiliki kegunaan / fungsi kesehatan lain seperti :

a. mengobati gangguan kesehatan pada kandung kemih.
b. menjadi anti virus
c. menjadi anti kanker


Jeruk

Jeruk banyak mengandung vitamin A, B1, B2 dan C.
Khasiat Jeruk :

  1. Mengandung antikanker bagi tubuh.
  2. Dapat mencegah dan mengobati gangguan kesehatan lain seperti :
  • mengobati sariawan.
  • menurunkan resiko terkena kardiovaskuler, kanker, dan katarak.

Pir / Pear

Pir / Pear banyak mengandung vitamin C dan provitamin A.
Khasiat Pir / Pear :

  1. Mengandung anti oksidan yang baik untuk menjaga kesehatan.
  2. Dapat mencegah beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain :
  • menurunkan demam / panas tubuh.
  • mengencerkan dan menhilangkan dahak pada batuk berdahak.

Pir Hijau

Pir hijau mengandung vitamin C, kalium, magnesium, dan pektin. Pir hijau termasuk jenis buah yang banyak mengandung serat dengan kadar 2,3 gram per 100 gram bahan. Pir hijau bisa digunakan untuk meredakan panas dalam, membantu proses pencernaan, meredakan batuk sebagai antioksidan, melancarkan saluran pencernaan, dan mencegah konstipasi. Pir hijau sangat baik dikonsumsi anak-anak karena kandungan seratnya tinggi. Sebenarnya serat yang dibutuhkan anak-anak bisa diperoleh dari sayuran. Namun, biasanya mereka tidak terlalu suka sayuran.


Jambu Biji Merah / Jambu Merah (Guava)

Jambu biji merah banyak mengandung vitamin C yang sangat banyak.
Khasiat Jambu Biji Merah :

  1. Mengandung zat antioxidan dan antikanker.
  2. Mempunyai kegunaan / fungsi kesehatan lain seperti :
  • menurunkan kadar kolesterol darah
  • mengobati infeksi.
  • mengobati sariawan.
  • memperlancar peredaran darah.
  • melancarkan saluran pencernaan.
  • mencegah konstipasi.

Nanas

Beberapa khasiat buah Nanas :

  • bersifat dingin,
  • dapat mengurangi keluarnya asam lambung yang berlebihan,
  • membantu pencernaan makanan di lambung,
  • antiradang .....

Belimbing
Kandungan :
  • Vitamin B dan C
  • Glukosida
  • Antiinflasi dan diuretic


Bengkoang
Manfaat dan khasiat Bengkoang sebagai obat ternyata banyak sekali, antara lain untuk mengatasi penyakit kulit, diabetes, demam, eksim, dan wasir. Selain bisa digunakan untuk pemakaian obat luar, Bengkoang juga bisa digunakan sebagai obat dalam. Untuk pemakaian luar, bengkoang secukupnya dihaluskan lalu ...

Durian (Durio Zibethinus Murr)
Setiap 1 (satu) salut biji durian mempunyai nilai kandungan gizi 28,3 g karbohidrat, 2,5 g lemak, 2,5 g protein, 1,4 g serat, energi sebesar 520 kJ. Durian kaya akan gizi sehingga baik dikonsumsi karena mengandung vitamin B1, B2, B3, vitamin C, E, kalium, kalsium, fosfor, phytonutrien dan anti oksidan yang tinggi.


Kelapa

Kelapa adalah pohon yang serba bermanfaat. Dari daun, buah, batang dan akarnya pun dapat berguna. Buah dan airnya dapat dikonsumsi, daun, batok dan akarnya dapat dibuat hiasan. Pada musin ketupat janurnya dipakai sebagai medianya. Batang pohon dipergunakan sebagai perabot rumah bahkan di daerah tertentu dipergunakan sebagai kusen pintu dan jendela. Batok kelapa juga bisa sebagai bahan bakar. Sabut Kelapa (cocofiber) dan Serbuk Sabut (cocopeat) dapat diekspor ke luar negeri (China dan Hongkong).


Leci

Daging buahnya mirip dengan buah kelengkeng dan rambutan. Leci bisa digunakan untuk memperbaiki keadaan kulit. Penderita diabetes millitus sebaiknya tidak mengonsumsi buah leci karena kadar gulanya tinggi sehingga cepat menaikkan kadar glukosa darah. Leci mengandung beberapa beberapa zat gizi, diantaranya sukroko, glukosa, vitamin C, kalsium, magnesium, dan fosfor. Leci juga mengandung serat dengan kadar 1,6 gram per 100 gram bahan.


Kelengkeng

Kandungan gizi dalam kelengkeng bermanfaat untuk memperbaiki fungsi jantung dan peredaran darah, menambah nafsu makan, mencegah anemia, mencegah pemutihan rambut secara dini, membantu mempercepat penyembuhan luka luar, meningkatkan fungsi saraf, melancarkan saluran pencernaan, mencegah konstipasi, dan untuk terapi kecantikan. Kandungan energi yang tinggi dalam kelengkeng sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina setelah sakit.

Kelengkeng juga baik dikonsumsi oleh ibu yang baru melahirkan karena kandungan gula di dalamnya bisa dijadikan sebagai sumber energi yang sangat dibutuhkan untuk mengembalikan tenaga setelah melahirkan. Kelengkeng termasuk jenis buah berserat tinggi dengan kadar 0,9 gram per 100 gram bahan. Kelengkeng juga mengandung vitamin C, fruktosa, sukrosa, dan kalium.


Anggur

Buah anggur sangat kaya kandungan akan nutrisi dan gizi, terutama buah anggur yang berwarna gelap, seperti anggur merah, anggur biru, dan anggur ungu sangat kaya akan zat besi, yaitu mineral penyusun sel-sel darah merah yang merupakan pengangkut sumber energi.


Semangka

Semangka mengandung serat sebanyak 0,3 gram per 100 gram bahan. Selain itu, semangka mengandung vitamin A, vitamin C, kalium, magnesium, dan fosfor. Semangka bisa dimanfaatkan untuk menguatkan daya tahan tubuh, memperlambat penuaan, mencegah kanker usus, mengatasi gangguan liver, menurunkan kadar kolesterol, sebagai antikanker, sebagai anti-alergi, membantu ...

Melon

Melon mengandung serat sekitar 0,7 gram per 100 gram bahan. Melon juga mengandung karbohidrat, vitamin A, vitamin C, kalium, kalsium, magnesium, dan fosfor. Melon bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, menstabilkan tekanan darah, sebagai antikanker, mengatasi demam, mengobati penyakit jantung dan stroke, membersihkan sistem sirkulasi darah dari aneka racun, membersihkan kulit, sebagai antioksidan, melancarkan saluran pencernaan, dan mencegah konstipasi.


Labu / Waluh (Cucurbita Mixta)

Labu Kuning Penawar Racun dan Cacing Pita yang Kaya Antioksidan
Labu kuning atau waluh (Cucurbita Mixta), yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai pumpkin merupakan bahan pangan yang kaya vitamin A dan C, mineral, serta karbohidrat. Daging buahnya pun mengandung antiokisidan sebagai penangkal pelbagai jenis kanker.

Buah Naga Merah

Kandungan serat dalam buah naga sekitar 0,7 gram per 100 gram bahan. Selain serat, buah naga juga mengandung kalium, pektin, magnesium, fosfor, dan zat besi. Buah naga juga bisa digunakan untuk memperlancar sistem pencernaan, menurunkan kandungan gula darah, mengatur keseimbangan ...


Sawo (Sapodilla)
Sawo yang buahnya selain berwarna coklat dengan rasanya yang manis juga tersimpan banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh. Karena selain buahnya, pohon, daun dan biji buah sawo dapat bermanfaat dan berkhasiat bagi kesehatan. Berdasarkan penelitian, daun dan batang sawo ternyata mengandung falvonoida.
Selengkapnya


Sukun (Artocarpus altilis)
Sukun mempunyai kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Jumlah karbohidratnya mencapai 28,2 gram dalam 100 gram berat basah. Sukun merupakan salah satu sumber alternatif karbohidrat karena sebagai pengganti beras. Sukun mempunyai kandungan karbohidrat yang cukup tinggi.


Nangka

Nangka dipanen terutama buahnya. "Daging buah" yang matang seringkali dimakan dalam keadaan segar, dicampur dalam es, dihaluskan menjadi minuman (jus), atau diolah menjadi aneka jenis makanan daerah : dodol nangka, kolak nangka, selai nangka, nangka goreng tepung, keripik nangka, dan lain - lain.

Selanjutnya

Kayu Putih (Melaleuca leucadendron Linn)
Minyak kayu putih merupakan salah satu produk kehutanan yang telah dikenal luas oleh masyarakat. Minyak atsiri hasil destilasi atau penyulingan daun kayu putih (Melaleuca leucadendron Linn.)



Salmon

Salmon kaya omega-3 asam lemak dan protein, rendah kalori, rendah lemak jenuh, dan memiliki sifat antiinflamasi. Manfaat kesehatan ikan salmon termasuk pencegahan diabetes, Alzheimer, kanker serta ...

Ikan Tuna
Posisi perairan Indonesia yang terletak di antara Samudera Hindia dan Pasifik merupakan tempat perlintasan ikan tuna dalam pengembaraan jarak jauhnya ikan tuna terdiri dari bermacam-macam jenis


Rempah-rempah
Kayu manis membantu menurunkan kolesterol dan menstabilkan gula darah. Jahe membantu memperbaiki kesehatan pencernaan, dan mengandung antiinflamasi. Manfaat jahe sebagai pencegah kanker juga ...


Wortel (Daucus carota)

Sayuran satu ini selain mudah mendapatkannya, harganya juga murah karena tumbuh sepanjang tahun. Namun demikian manfaat dan khasiat bagi tubuh kita sangat banyak terutama Vitamin A. Wortel (Daucus carota) adalah tumbuhan sayur yang sangat popular selain kentang dan bawang prei.

Selengkapnya


Ketimun / Mentimun / Timun (Cucumis Sativus)

Buah Mentimun (Timun) bisa dibuat acar atau dimakan bersama rujak. Banyak jenis ketimun yang ada di pasar, seperti ketimun biasa, ketimun krai, ketimun wuku, ketimun poan dan ketimun watang. Buah yang sering digunakan sebagai teman lalapan, selain rasanya yang segar juga enak dan lezat.

Selengkapnya


Terong (Solanum melongena)

Terong merupakan tanaman asli Indonesia. Kandungan nutrisi pada buah terong cukup tinggi.
Dengan kandungan gizi yang terdapat dalam buahnya, terong dapat digunakan sebagai obat untuk hipertensi, melancarkan sirkulasi darah, mengatasi bronkhitis, diabetes melitus, wasir, rematik, radang sendi, menurunkan kadar kolesterol darah, meningkatkan gairah seksual ..

Brokoli
Brokoli penuh dengan vitamin seperti asam folat, vitamin A, B6 dan K. Mineral seperti kalsium dan kalium membuatnya lebih sehat. Brokoli dianggap sebagai makanan penyembuhan yang diaktifkan oleh phytochemical indole-3-carbinol dan sulforaphane, membantu melawan kanker.


Untuk menjadi sehat alami tanpa bahan kimia makanlah berbagai buah secukupnya setiap hari demi kesehatan badan kita yang sangat berharga.



Related Post:

Mau berbagi pengalaman tentang Buah Sehat Ikan Sehat Minuman Sehat Rempah Sehat ...

Tidak ada komentar: