Berteman Sehat

Pertemanan atau persahabatan adalah suatu hubungan yang dijalin untuk membangun kebersamaan baik dalam suka maupun duka, dalam kekurangan maupun dalam kelebihan. Namun tidak jarang sahabat yang terjalin hanyalah sementara tidak sampai seumur jagung dan tidak jarang pula sahabat yang terjalin adalah selamanya, sahabat inilah yang disebut sahabat sejati, bersama dalam kekurangan, bersama dalam duka dan mengisi dalam kekosongan.
Bersahabat tidaklah dibatasi oleh etnis tertentu, jarak dan waktu bahkan ada yang bersahabat dari satu negara dengan negara lain, karena jaman sekarang komunikasi bukanlah suatu masalah atau hambatan.
Mau bersahabat dengan orang lain janganlah melihat karena dia kaya, karena dia kaum bangsawan, karena dia cantik/ganteng atau ada faktor lain, tetapi lebih ditekankan karena dia memang punya orientasi dan pandangan hidup yang sama.

Berikut yang perlu  diperhatikan dalam pertemanan atau persahabatan :
  • Mengenal diri sendiri; Sebelum mengenal baik sahabat kita alangkah baiknya kita mengenal diri kita terlebih dahulu. dengan begitu kita dapat mengukur kelebihan dan kekurangan diri. sehingga mampu menempatkan diri dalam jalinan persahabatan.
  • Tujuan berteman; Setelah mengenal diri dengan baik, tentunya kita bisa mengetahui teman seperti apa yang kita butuhkan dan tepat untuk diri kita, dan untuk apa kita berteman. mau dibawa kemana hubungan pertemanan ini. sebatas untuk bersenang2, berbagi penderitaan, atau untuk perjuangan mencapai misi yang kita inginkan.
  • Mengenal dan memahami teman secara baik; Dengan mengenal baik teman, kita bisa menyelami perasaannya. membantu kesulitannya, sehingga membuatnya mencintai diri kita. Dengan mengetahui kelemahannya, kita bisa membantunya menjadikan kehidupannya lebih baik.
  • Orientasi pada persamaan dan memahami perbedaan; Saya sengaja memisahkan point ini dengan point sebelumnya. karena sekedar mengenal saja tidaklah cukup. kadang karena mengenal teman secara mendetail, justru tanpa disadari sedang menciptakan jurang konflik dan kebencian. karenanya dalam berteman berorientasilah pada persamaan. dengan persamaan dapat tumbuh kekuatan yang akan melahirkan banyak manfaat kebaikan dalam karya, prestasi, sinergitas, dsb. memang sih setiap orang memiliki perbedaan dalam banyak hal. dan sangat mudah untuk dicari dalam perbedaan, akan tetapi perbedaan yang tidak bisa dijadikan energi positif acapkali menjadi sumber malapetaka bagi hubungan persahabatan dan menghancurkan apa saja yang telah terbangun.


Related Post:

Mau berbagi pengalaman tentang Artikel Menarik Tips Kesehatan ...

Tidak ada komentar: