Bekerja Sehat

Tips Agar Tetap Sehat dan Bugar Dalam Bekerja

Jika kamu bekerja dan tetap ingin selalu bugar dan sehat, ada beberapa tips untuk kamu. Berikut adalah tips agar bekerja selalu dalam keadaan sehat :
  1. Olah Raga; Lakukan dengan ringan di pagi hari agar tubuh tetap bugar.
  2. Pola Makan; Makan pagi atau sarapan, jangan hanya yang mengandung karbohidrat saja tetapi yang banyak mengandung berbagai gizi dan nutrizi yang seimbang. Jangan lupa makanan kecil atau buah diantara waktu beristirahat. Makan malam juga sangat diperlukan ketepatannya, karena akan mengganggu kondisi perut untuk besok harinya. Makanlah makanan yang bergizi secara seimbang dan tepat waktu.
  3. Jaga sikap dan posisi tubuh dalam bekerja; Posisi dan sikap sangatlah mempengaruhi situasi dan kondisi saat bekerja.Duduk, berdiri, bungkuk, jongkok yang dilakukan secara terus menerus akan berpengaruh terhadap kesehatan. Saat duduk usahakan agar tulang punggung tidak melengkung, sehingga dada tidak berlipat. Usahakan berdiri dengan santai jangan kaku, sekali-kali gerakkkan kaki, jalan-jalan sebentar. Juga saat bungkuk , jangan terlalu jauh dengan barang yang dikerjakan.
  4. Kebersihan; Jaga kebersihan pribadi dan lingkungan kerja, serta usahakan pula untuk tidak menyebarkan penyakit.
  5. Istirahat; Bekerja terus menerus selama 3.5-4 jam tanpa istirahat selain melelahkan juga menimbulkan ganggguan stres. Istirahat sejenak, kurang lebih 10-15 menit, bisa relaksasi, mengobrol santai, jalan-jalan keluar menghirup udara segar, menikmati musik dan sebagainya.
  6. Kondusif; Usahakan suasana damai dan tentram di tempat kerja, agar bisa berkonsentrasi, tetap berpikir positif dan tenang dalam bekerja.
  7. Sakit; Apabila kondisi badan kurang sehat segeralah hubungi klinik atau dokter terdekat.agar penyakit tidak tambah parah.
  8. Pelindung; Pakailah alat pelindung seperti masker, sarung tangan, tutup kepala apabila anda bekerja pada sektor industri, untuk mencegah kecelakaan dan keracunan kimiawi.

Selain dari pada itu, bagi yang bekerja pada malam hari atau bekerja dengan jam shift malam akan sering mengalami gangguan kesehatan, terutama terhadap penyakit insomnia karena harus tetap terjaga sepanjang malam. Bekerja di malam hari tentu saja membuat tubuh stres, karena secara biologis tubuh dirancang untuk menjadi aktif pada siang hari dan istirahat (tidur) di malam hari.
Cara tubuh berfungsi dan jenis hormon yang diproduksi bervariasi tergantung apakah orang tidur atau terjaga. Jika jadwal tidur Anda keluar jalur, maka dapat mengganggu siklus tidur-bangun (ritme sirkadian) yang normal dan tubuh menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya, yang akhirnya akan mengarah pada insomnia dan masalah kesehatan lainnya. Dilansir dari GeniusBeauty, berikut beberapa cara untuk mengurangi dampak kesehatan akibat siklus tubuh yang terganggu:
  • Pola makan selama kerja malam; Pastikan Anda makan malam yang hangat sebelum pergi bekerja. Ini akan menjamin proses pencernaan tetap sehat untuk memberi energi di malam hari. Serta kurangi konsumsi minuman seperti kopi, teh atau minuman berkafein lainnya. Kafein dapat berakibat buruk pada tubuh, terlebih bila ritme sirkadian Anda abnormal.
  • Minuman untuk shift malam; Jus alami dan air putih adalah minuman terbaik di malam hari. Dalam situasi stres, tubuh membutuhkan lebih banyak cairan yang harus diganti.
  • Vitamin untuk meningkatkan efisiensi kerja; Mengatasi stres yang terkait dengan kerja shift malam atau kerja hingga larut malam adalah dengan mengonsumsi cukup vitamin B, kalsium dan magnesium. Vitamin-vitamin ini bisa mengurangi risiko kesehatan karena dampak bekerja hingga larut malam.
  • Jangan merokok saat kerja malam; Merokok ketika bekerja di malam hari. Serupa dengan kafein, nikotin yang terkandung dalam rokok juga bertindak sebagai stimulan, yang pada akhirnya akan memperburuk kondisi kesehatan Anda.
  • Gaya hidup sehat dan olahraga; Luangkan waktu lebih untuk diri sendiri dan mempertahankan gaya hidup sehat. Lakukan lebih banyak jalan dan berolahraga setidaknya setengah jam sehari. Lari, renang dan olahraga kebugaran (fitness) tidak hanya akan membantu mempertahankan tingkat kebugaran yang baik tetapi juga menyediakan dukungan untuk tidur yang sehat.


Related Post:

Mau berbagi pengalaman tentang Tips Kesehatan ...

Tidak ada komentar: