Manfaat dan khasiat Wortel (Daucus carota)

Sayuran satu ini selain mudah mendapatkannya, harganya juga murah karena tumbuh sepanjang tahun. Namun demikian manfaat dan khasiat bagi tubuh kita sangat banyak terutama Vitamin A. Wortel (Daucus carota) adalah tumbuhan sayur yang sangat popular selain kentang dan bawang prei. Selain kaya Vitamin A, kandungan lain yang sangat penting bagi tubuh kita adalah air, protein, karbohidrat, lemak, serat, abu, nutrisi anti kanker, gula alamiah (fruktosa, sukrosa, dektrosa, laktosa, dan maltosa), pektin, glutanion, mineral (kalsium, fosfor, besi, kalium, natrium, amgnesium, kromium), vitamin (beta karoten, B1, dan C) serta asparagine

Manfaat dan khasiat Wortel
  1. Baik Untuk Penglihatan dan Imunitas; Karoten juga baik untuk kesehatan mata. Membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah. Kekurangan vitamin A atau yang dikenal dalam istilah kedokteran sebagai vitaminosis A, dapat menyebabkan buta ayam atau rabun senja.
  2. Menurunkan Kolesterol Darah; Wortel juga mengandung pectin yang baik untuk menurunkan kolesterol darah. Serat yang tinggi juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya konstipasi. Kalium dalam wortel, dapat membantu menetralkan asam dalam darah dan vitamin A membantu hati menghilangkan toksin didalam tubuh.
  3. Mencegah sel-sel kanker; Beta Karoten dalam wortel mempunyai manfaat sebagai anti oksidan yang menjaga kesehatan dan menghambat proses penuaan. Juga Beta Karoten dapat mencegah dan menekan pertumbuhan sel kanker serta melindungi asam lemak tidak jenuh ganda dari proses oksidasi. Selain itu Beta Karoten membantu sistem kekebalan tubuh.
Selain daripada itu manfaat dan khasiat wortel yang lain masih banyak lagi termasuk berikut ini dan pemanfaatannya.
  1. Mengatasi hipertensi; 500 gr wortel cuci bersih, potong-potong, beri sedikit air matang, kemudian diblender. Saring, dan minum segera. Usahakan untuk rutin meminum air wortel ini 3 kali dalam sehari.
  2. Mengatasi demam pada anak; 200 gr wortel dicuci bersih. Parut dan peras sampai keluar sarinya. Rebus air perasannya, minum selagi hangat.
  3. Mengatasi luka bakar; Wortel secukupnya ditumbuk hingga halus dan dioleskan pada luka bakar. Lakukan sesering mungkin sampai luka tidak terasa panas.
  4. Menyembuhkan batuk; Sebatang wortel dicuci bersih dan parut. Beri beberapa sendok air panas dan peras. Tambahkan sedikit gula aren, aduk sampai rata. Minum 2 kali dalam sehari.
  5. Mengatasi nyeri haid; 250 gr wortel dicuci bersih,potong-potong. Tambahkan sedikit air, lalu lender. Usahakan untuk meminum ramuan ini setidaknya 2 kali dalam sehari.
  6. Mengatasi sembelit; 2 wortel yang masih muda dicuci bersih dan parut. Tambahkan 2 sdm air matang dan sedikit garam, lalu peras. Minum airnya 2 kali sehari.
  7. Menghaluskan wajah; 2 – 3 wortel yang sudah dikupas bersih, lalu cuci dan parut. Kemudian langsung oleskan pada wajah sebagai masker. Tunggu sampai kering.


Related Post:

Mau berbagi pengalaman tentang Buah Sehat ...

Tidak ada komentar: