Manfaat dan Khasiat Bengkoang

Manfaat dan khasiat Bengkoang sebagai obat ternyata banyak sekali, antara lain untuk mengatasi penyakit kulit, diabetes, demam, eksim, dan wasir. Selain bisa digunakan untuk pemakaian obat luar, Bengkoang juga bisa digunakan sebagai obat dalam. Untuk pemakaian luar, bengkoang secukupnya dihaluskan lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Pada pemakaian dalam, bengkoang dikupas kulitnya lalu dibuat masakan sesuai selera lalu dimakan.

Khasiat bengkoang

  • Penangkal Biang Keringat. Parut bengkoang secukupnya, campurkanb air dan aduk merata. Peras ‘adonan’ parutan tersebut, biarkan beberapa menit untuk mengendapkan ampasnya. Hasil endapan ampas akan berubah menyerupai tepung.
    Oleskan tepung endapan ampas tersebut pada daerah kulit Anda yang diserang biang keringat. Lakukan rutin setiap malam.
  • Menghambat Proses Penuaan dengan Hormon ekstrogen dalam Isoflavon. Umbi bengkoang diekstrak dadn kemas ke dalam kapsul. diminum rutin setiap hari dan akan tampak hasilnya setelah 50-60 hari.
  • Mengatasi penyakit kulit. Biji bengkoang dan belerang (masing-masing secukupnya) dihaluskan lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit.
  • Jika mengidap diabetes. Satu atau dua bengkoang diparut lalu disaring dan diminum setiap pagi dan malam hari.
  • Sebagai obat demam. Umbi bengkoang dikupas kulitnya lalu dibuat manisan dan dimakan.
  • Mengatasi eksim. Umbi bengkoang dikupas kulitnya dan dimakan secara langsung. Lakukan secara rutin empat kali seminggu.
  • Mengatasi wasir. Satu buah bengkoang dijus lalu diminum tiap bangun tidur pagi.
  • Menghaluskan dan mencerahkan kulit yang kusam. Umbi bengkoang dihaluskan dan dicampur jeruk nipis selanjutnya dilulurkan ke seluruh tubuh. Bengkoang yang memiliki sifat kimiawi dan fermakologis yang manis, dingin, sejuk, sehingga memiliki khasiat mendinginkan kulit. Kandungan antiseptik dalam bengkoang mampu mengatasi gatal-gatal di kulit, selain itu lulur bengkoang juga mengencangkan kulit sehingga kekenyalannya dapat terjaga.

Cara pakai Lulur bengkoang :

  1. Bagian yang akan di beri lulur di olesi Message Oil yang berfungsi untuk mencegah gesekan / lecet pada kulit dan memberikan kelembutan pada proses peluluran.
  2. Campurkan lulur bubuk dengan air atau messeage oil
    Ratakan kesuluruh tubuh
    Diamkan 1-2 menit
  3. Kemudian gosok perlahan sampai kotoran pada kulit ikut terbawa bersama


Related Post:

Mau berbagi pengalaman tentang Buah Sehat ...

Tidak ada komentar: