Manfaat dan Khasiat Sinom

Kandungan Kimia
Buah polong asam jawa mengandung senyawa kimia antara lain asam appel, asam sitrat, asam anggur, asam tartrat, asam suksinat, pectin dan gula invert. Kulit bijinya mengandung phlobatannnin dan bijinya mengandung albuminoid serta pati.

Komposisi : Bahan-bahan yang tercampur didalamnya antara lain : Gula asli, Buah Asam Muda (sinom), Kunyit, Air.
Expired : Apabila tanpa pengawet, masa kadaluarsa Minuman Sinom ini hanya 7 (tujuh) hari setelah tanggal produksi.
Cara Penyajian : Bisa langsung diminum karena air sudah direbus, dan bisa disajikan dengan es batu, atau bisa lebih segar apabila disimpan di lemari es.


Per 100 gram Asam Jawa masak mengandung :

Zat Gizi

Nilai Gizi

Zat Gizi

Nilai Gizi

HidratArang (g)

62,50

Vitamin C (mg)

2,00

Kalori (Kcal)

239,00 kal

Kalsium (mg)

74,00

Protein (g)

2,80

Fosfor (mg)

113,00

Vitamin A (mg)

30,00 SI

Zat besi (mg)

0,60

Vitamin B1 (mg)

0,34

Lemak (g)

0,60


Manfaat Sinom dilihat dari per bahan :
Asam Jawa :
Bermanfaat untuk melancarkan buang air besar, memperbaiki peredaran darah, mengurangi nyeri haid, menghilangkan keputihan, melangsingkan tubuh, mencegah rambut rontok, dan sebagainya. Buah asam juga dapat digunakan untuk membersihkan barang yang terbuat dari logam dan kuningan.
Penelitian mengatakan bahwa estrak biji asam jawa memiliki anti bakteri yang kuat, terutama untuk melawan bakteri E. Coli. Dari penelitian yang dilakukan di Surabaya diketahui bahwa ramuan jamu gendong yang mengandung asam jawa mengalami lebih sedikit kontaminasi dengan bakteri. Minuman asam jawa juga terbukti dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Asam jawa memiliki kandungan kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C.
Daun Asam (Sinom) :
Bermanfaat untuk melancarkan buang air besar dan menghilangkan rasa sakit. Kandungan flavonoid yang terkandung pada daun asam jawa bersifat sebagai anti radang, membantu mengeluarkan keringat, dan menghilangkan sakit.
Di samping daging buah, banyak bagian pohon asam yang dapat dijadikan bahan obat tradisional. Daun mudanya (Jw. sinom) digunakan sebagai tapal untuk mengurangi radang dan rasa sakit di persendian, di atas luka atau pada sakit rematik. Daun muda yang direbus untuk mengobati batuk dan demam. Kulit kayunya yang ditumbuk digunakan untuk menyembuhkan luka, borok, bisul dan ruam. Kulit kayu asam juga digunakan sebagai obat kuat. Tepung bijinya untuk mengobati disentri dan diare.
Sinom alias daun asam yang muda berkhasiat seperti kunyit asam, yaitu mengurangi sakit ketika haid, membersihkan darah, antibiotik, dan membuat kulit tampak bersih.

Bahan membuat minuman Sinom:
Bahan : 10 gram Rimpang kunyit segar, 2 ikat (6 gram) Sinom, 0,05 gram Kulit, kayumanis, Garam secukupnya
Cara Membuat:
  • Cuci bersih semua bahan, kupas dan iris tipis rimpang kunyit. Potong kecil-kecil kayumanis.
  • Masukkan satu per satu bahan—terakhir asam—ke dalam air yang telah mendidih.
  • Aduk beberapa kali dalam waktu 15 menit.
  • Tambahkan gula aren yang juga sudah diiris tipis.
  • Matikan api dan saring hasil rebusan.



Related Post:

Mau berbagi pengalaman tentang Minuman Sehat ...

Tidak ada komentar: