Manfaat dan khasiat buah Sawo (Sapodilla)

Sawo yang buahnya selain berwarna coklat dengan rasanya yang manis juga tersimpan banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh. Karena selain buahnya, pohon, daun dan biji buah sawo dapat bermanfaat dan berkhasiat bagi kesehatan. Berdasarkan penelitian, daun dan batang sawo ternyata mengandung falvonoida. Di samping itu daun juga mengandung saponin dan batangnya juga mengandung tanin. Zat-zat inilah yang mengambil peran penting, dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti : Radang Mulut, Diare

Keunikan dan Tumbuh Kembang Sawo
Tumbuh kembangnya Sawo sebenarnya tidak ada kriteria daerah khusus karena buah ini termasuk dalam tumbuhan yang mudah menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan baru, mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi (sawo baru akan matang dengan sempurna setelah dipetik, bukannya matang di pohon). Keunggulan lain tanaman sawo ini ialah tahan terhadap musim kering (kemarau panjang), cocok terhadap daerah yang rawan erosi, karena akarnya cukup kuat menghujam ke tanah. Tanaman ini bisa dijadikan pilihan sebagai pajangan halaman rumah, karena kemampuannya untuk tumbuh di tempat yang tertutup maupun terbuka.

Manfaat dan khasiat Buah Sawo
Ibarat dari ujung rambut hingga ujung kaki, buah ini mulai dari kayu, kulit hingga biji sawo miliki senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan.
  1. Kayu ; Kayu dari tanaman ini sering digunakan untuk bahan perabotan rumah tangga dan patung atau ukir-ukiran, terutama kayu pohon sawo kacik. Namun kayu pohon sawo kurang bagus untuk dijadikan kayu bakar apalagi bahan bangunan.
  2. Daun ; Daunnya pun memiliki struktur anatomi yang unik seperti manusia, memiliki costae (versi manusia: tulang iga, versi sawo: ibu tulang dari ujung hingga pangkal daun), epidermis atas, bawah, nervus lateralis, vena, dll. Daun sawo ini sangat bermanfaat untuk radang mulut.
  3. Kulit ; Kulit sawo mengandung tannin, yakni suatu senyawa yang bermanfaat sebagai antimikroba (bakteri dan virus) sehingga dapat dipakai untuk menghentikan diare.
  4. Buah ; Inilah bagian yang paling disukai, rasa manisnya khas, yakni: manis masir (seperti ada pasir manis yang segar di dalamnya). Salah satu manfaat buah sawo ini adalah untuk mengobati diare atau mencret.
  5. Biji ; Biji sawo mengandung saponin, yaitu suatu glikosida yang bagi tanaman itu sendiri bermanfaat sebagai penyimpan karbohidrat, atau merupakan wasteproduct dari metabolisme tumbuhan ini sendiri. Namun sayangnya saponin dapat menyebabkan sakit perut, tapi agaknya ada manfaatnya juga racun ini bagi kita, yakni sebagai pelindung terhadap serangan dan merupakan racun kuat untuk ikan dan amfibi.
  6. Getah : Getah buah dan daunnya, bisa digunakan sebagai obat diare. Selain itu, getahnya dapat digunakan untuk campuran gula-gula.
Cara pemanfaatan untuk penyakit :
  • Diare ; - Gunakan lebih kurang 15 tetes getah buah muda, kemudian diseduh dengan 1/2 gelas air matang panas. Hasil seduhan diminum sekaligus. ...Atau... Ambil satu buah sawo muda, cuci sampai bersih. Kemudian diparut, lalu diperas dan disaring. Bila perlu, tambahkan sedikit air matang. Selanjutnya diminum, 2 kali sehari. ...Atau... Gunakan daun sawo. Sediakan satu mangkok daun, lalu cincang dalam dua gelas air bersih selama 15 menit. Air rebusan, kemudian diminum tiga kali sehari.
  • Radang Mulut ; Ambil satu mangkok daun sawo. Lalu cincang dalam 2 gelas air bersih, selama 10 menit. Pakai air hasil rebusan untuk berkumur.
  • Disentri, ambil 8 buah sawo muda, cuci bersih. Kunyah-kunyah halus dengan garam secukupnya. Sedikit demi sedikit ditelan, lalu minum air hangat. Lakukan 2 kali sehari hingga sembuh.



Related Post:

Mau berbagi pengalaman tentang Buah Sehat ...

Tidak ada komentar: