Rempah-rempah (Manfaat dan Khasiatnya)

Kunyit Kuning
Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin dan zat- zat manfaat lainnya
Selengkapnya


Kunyit Putih
Kandungan Zat Aktif Kunir Putih

Kurkuminoid, minyak atsiri, polisakarida, zedoarin, kurdiona, kurkumol. Kurkuminoid yang telah diketahui, meliputi kurkumin, desmektosikurkumin, bisdemetoksikurkumin, 1,7-bis (4-hidroksifenil)-1,4,6-heptatrien-3-on.


Temulawak
Temulawak dapat meningkatkan nafsu makan, memperlambat proses penuaan, menghilangkan flek hitam di wajah, serta menjaga kelenturan tubuh.Temulawak memiliki kandungan minyak atsiri yang memang membangkitkan selera makan, membersihkan perut dan memperlancar ASI. Bahkan menurut seorang guru besar salah satu Universitas di Indonesia, berdasar hasil penelitian, ekstrak temulawak sangat manjur untuk pengobatan penyakit hati (lever).


Kayu Manis
Bangsa Mesir Kuno dan Bangsa China menjadikan Kayu manis sebagai Obat. Hal ini dilakukan 3000 tahun sebelum masehi. Karena selain berguna sebagai bumbu masak dan minuman, kayu manis juga bermanfaat dalam proses pembalseman mumi dan sebagai obat.



Temu Ireng (zingeberaceae)
Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis:

Mengandung minyak asiri, curcumol, kordione, isofortungermakrene, germakrene, tetrametilfrazine, zat pati, lemak, damar, tanin, zat warna biru, alkaloid, zat pahit, saponin, dan mineral. Bersifat hangat dan aromatik.

Selengkapnya




Jahe
Jahe merupakan salah satu rempah - rempah penting. Rimpangnya sangat luas dipakai antara lain :
  • sebagai bumbu masak
  • pemberi aroma dan rasa pada makanan seperti roti
  • kembang gula
  • berbagai minuman

Kencur
Kencur (Kaempferia galanga, Linn.) - Familia : Zingiberaceae

Uraian :
Kencur (Kaempferia galanga) termasuk suku tumbuhan Zingiberaceae dan digolongkan sebagai tanaman jenis empon-empon yang mempunyai daging buah paling lunak dan tidak berserat.

Selengkapnya


Temu kunci (Boesenbergia pandurata Roxb)

Secara geografis, temu kunci yang banyak tumbuh liar di hutan jati ini pada dasarnya bisa tumbuh di sembarang tempat, termasuk pekarangan rumah. Syaratnya, tumbuhan ini tidak tergenang air dan terkena panas langsung.
Perbanyakan tumbuhan ini dapat dilakukan dengan penanaman rimpang yang tua dan memiliki anak tunas. Selain itu, dapat juga dilakukan dengan memisahkan anakan dari tumbuhan dewasa.

Selengkapnya


Lengkuas atau Laos

Lengkuas (Alpinia purpurata) atau (Jawa:Laos), termasuk ke dalam famili tumbuhan jahe-jahean (Zingiberaceae).
Lengkuas Merah: Mengobati Bronkhitis, Diare, hingga Ejakulasi Dini.
Lengkuas merah (Alpinia purpurata), termasuk ke dalam famili tumbuhan Zingiberaceae. Ia mengandung suatu zat yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi ejakulasi dini dan mengobati diare serta membunuh jamur pada kulit.



Related Post:

Mau berbagi pengalaman tentang Rempah Sehat ...

Tidak ada komentar: