Manfaat dan khasiat Buah Mentimun (Cucumis sativus)

Buah Mentimun (Timun) bisa dibuat acar atau dimakan bersama rujak. Banyak jenis ketimun yang ada di pasar, seperti ketimun biasa, ketimun krai, ketimun wuku, ketimun poan dan ketimun watang. Buah yang sering digunakan sebagai teman lalapan, selain rasanya yang segar juga enak dan lezat. Mentimun memiliki kandungan 0,65 % protein, 0,1 % lemak dan karbohidrat sebanyak 2,2 %. Juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C.Menurut penelitian, Mentimun juga mengandung 35.100 - 486.700 ppm asam linoleat sebagai suku cucurbitaceae yang biasanya mengandung kukurbitasin, mentimun kemungkinan juga mengandung senyawa tersebut. Kukurbitasin merupakan senyawa yang mempunyai aktivitas sebagai anti tumor dan hal ini dapat menjadi upaya preventif atas serangan penyakit tumor terhadap tubuh. Sedangkan bijinya memiliki racun alkaloid jenis hipoxanti yang dapat mengobati anak-anak yang menderita cacingan serta sakit tenggorokan
Beberapa manfaat buah mentimun :
  1. Biji timun mengandung racun alkoloid jenis hipoxanti, yang berfungsi untuk mengobati anak - anak yang menderita cacingan.
  2. Pengobatan tekanan darah tinggi, 2 buah ketimun segar dicuci bersih lalu diparut. Hasil parutannya diperas dan disaring, lalu diminum sekaligus.Lakukan 2-3 kali sehari.
  3. Pengobatan sariawan, makanlah 9 buah mentimun setiap hari secara rutin.
  4. Membersihkan ginjal, Mentimun segar dicuci lalu diparut. Hasil parutannya diperas dan disaring. Airnya diminum sedikit demi sedikit sampai lambung terbiasa menerima cairan ketimun. Lakukan secara rutin..
  5. Untuk demam, parut buah mentimun dan letakkan hasil parutannya di atas perut.
  6. Untuk jerawat, cuci dan iris kecil-kecil buah mentimun, lalu letakkan irisannya di atas bagian wajah yang berjerawat.
  7. Apabila Anda menderita sakit tenggorokan yang menyebabkan sulit bicara (batuk) dapat dirawat dengan biji timun. Caranya : sedikit biji timun dicampurkan dengan sedikit garam dan dikumur beberapa kali sehari. Pengobatan ini dipercaya dapat mengembalikan suara yang hilang akibat sakit tersebut.
  8. Penyakit pening - pening yang berkesinambungan sehingga dapat menurunkan berat badan dapat diatasi dengan mengkonsumsi mentimun mentah atau yang telah dimasak. Selain itu, mentimun dapat juga digunakan untuk mengobati penyakit disentri.
  9. Mentimun juga sering manfaatkan sebagai obat kecantikan alami. Ambil buah secukupnya dicuci bersih lalu diparut. Dipakai untuk kompres pada demam, dibubuhkan pada luka, luka bakar, bercak noda di kulit, jerawat, membersihkan kulit muka yang berminyak dan mengurangi kulit yang gatal.
  10. Pengobatan haid yang tidak teratur, Giling halus 10 lembar daun cocor bebek, 5 jari labu air, 5 buah majakan, 1 buah mentimun, 10 lembar daun dadap srep, 10 lembar daun sambaing colok, tambahkan air garam secukupnya. Kemudian diusapkan ke perut, lalu balut dan lakukan dua kali sehari.
  11. Untuk Kecantikan, parut buah mentimun secukupnya, saring dan ampas mentimun dibuat masker wajah. Lakukan secara rutin.



Related Post:

Mau berbagi pengalaman tentang Buah Sehat ...

1 komentar:

Anonim mengatakan...

off shore I wish I had had time to get my buttons telling people who you are like Avon [url=http://www.burchjp.com]トリーバーチ[/url]for Avon to send it to youif you sign up thermal energy load or from other renewable [url=http://www.burchjp.com]トリーバーチ 靴[/url]yodel Both apparently share the same presidency of the United States and more http://www.burchjp.com[/url] excessive movement of the baby's head in require extraordinary proofLes avantages