Wisata ke Pulau Sempu (Sempu Island)

Pulau Sempu adalah pulau di Jawa Timur tepaptnya di selatan Kota Malang yang tidak berpenghuni dan digunakan sebagai cagar alam dibawah naungan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah Jawa Timur, yang memiliki empat ekosistem yaitu ekosistem hutan mangrove, ekosistem hutan pantai, ekosistem danau dan hutan tropis dataran rendah dan cocok untuk mengembangkan segala binatang langka dan tanaman hutan yang ada di Indonesia.
Alamnya sangat indah dengan pemandangan yang sangat eksotik, sering digunakan tujuan wisata yang sifatnya seperti pecinta alam bukan wisata untuk umum. Pernah dijadikan pangkalan Latihan Militer tapi sekarang sudah tidak lagi karena untuk menjaga kelestarian binatang langka yanag senganja dikembangbiakkan.
Perahu yang dipakai kePulau Sempu
Menurut petugas BKSDA Jawa Timur bahwa di Pulau Sempu terdapat 170 jenis binatang dan 240 jenis tumbuhan yang hidup. Untuk jenis burung dan jenis unggas diperkirakan ada 110 jenis sedangkan 60 binatang jenis lain, seperti macan Tutul, Ular.
Ke Pulau Sempu diperkirakan 30 menit nyebrang dengan perahu dari Sendang Biru. Sedangkan untuk mencapai pantai Sendang Biru dari kota Malang membutuhkan waktu sekitar 2 jam pakai motor atau mobil, tapi pakai mobil biasanya lebih lama setengah jam karena macet.

Untuk bisa masuk ke Pulau Sempu harus punya ijin dari BKSDA Jawa Timur, karena Pulau Sempu merupakan pulau yang dilindungi di bawah pengawasan BKSDA Jawa Timur. Namun terkadang bisa disiasati dengan merayu Petugas BKSDA yang ada di Pantai Sendang Biru dengan meyakinkan bahwa masuk Pulau Sempu tidak untuk berburu akan tetapi hanya berwisata dan berkemah, tidak merusak tanaman dan tidak akan membuang sampah di pantai yang amat begitu indahnya. Menghadapi petugas BKSDA harus punya alasan dan trik tersendiri supaya diijinkan masuk. Begitu juga pulangnya harus melapor ke petugas.

Dari komentar temen-temen yang ikut kesana semuanya sama... Pulau Sempu amat-amat sangat Indah, Elok dan eksotik bahkan dari sebagian teman yang sudah ke pulau di berbagai negara, seperti Thailand masih lebih elok Pulau Sempu dari pada pulau di thailand, apalagi di sore hari, katanya.

Rute ke Pulau Sempu :
Kota Malang - Dampit Turen - Sendang Biru  : 1 1/2 Jam
Sendang Biru - Pulau Sempu : 1/2 Jam

Related Post:

Mau berbagi pengalaman tentang Wisata Wisata Malang Wisata Pulau ...

Tidak ada komentar: